Tutorial Efek Arsiran Pensil

Kali ini saya akan membuat foto menjadi arsiran pensil, tidak perlu menyiapkan kanvas, kertas, ataupun pensil. Siapkan saja Adobe Photoshop lalu mengeditnya step by step. 


Baik ini langkah-langkahnya :

Step 1 
Bukalah Adobe Photoshop, lalu buka gambar yang ingin di buat efek arsiran pensil. Saya disini memakai foto pemandangan kota New York. 













 

Tips 
Untuk mendapatkan hasil yang indah nantinya, carilah foto yang bernuansa pemandangan, atau warna dalam background foto tersebut selaras dan sesuai dengan objek foto.

Step 2
Duplikat layer Background dengan menekan Ctrl+J, setelah menduplikat layer nanti terdapat Layer 1. Lalu tekan Ctrl+Shift+U atau Image>Adjustment>Desaturate di Layer 1. Fungsi Desaturate bagi foto adalah membuat foto menjadi abu-abu.
















 

Step 3
Duplikat lagi Layer 1 dengan menekan Ctrl+J, hasilnya nanti akan bernama Layer 1 Copy . Fokus ke Layer 1 Copy lalu tekan Ctrl+I atau Image>Adjustment>Invert.
















 

Step 4
Masih di Layer 1 Copy, Ubah modenya menjadi Color Dodge. Foto akan menjadi warna putih, lalu blur fotonya dengan Filter>Blur>Gaussian Blur. Radius yang saya pakai adalah 3.0 tapi anda boleh mencocokkan blurnya sesuai kemauan anda. Hasilnya kira-kira seperti ini :













 

Tips
Usahakan Blur tidak terlalu tinggi dan terlalu rendah karena terlalu tinggi akan menjadi terlalu hitam. Dan jika terlalu rendah akan terlalu putih.


Step 5 
Terlihat masih ada beberapa objek yang memiliki ketebalan warna hitam, otomatis itu akan terlihat editan. Untuk memudarkannya tambah Layer baru, tekan Ctrl+J setelah menduplikat akan tampil Layer 1 Copy 2. Ubah modenya menjadi Screen dan kurangi Opacitynya, saya menurunkan Opacity menjadi 70% tapi anda boleh mencocokkan Opacity sesuai kemauan anda. 

Tips 
Usahakan Opacity tidak terlalu tinggi dan terlalu rendah karena terlalu tinggi akan menjadi terlalu putih. Dan jika terlalu rendah akan terlalu hitam.

Final















Jika anda ingin mendapatkan file PSD dan ingin menyimpan tutorial ini silahkan klik Link Download dibawah ini. Tunggu tutorial selanjutnya di Design Coworking. Terima Kasih...


No comments:

Post a Comment

Komentar Anda Semangat Kami Untuk Kedepannya.