Tutorial Mewarnai Foto Black And White


Mewarnai foto Black and White tidaklah terlalu sulit, tutorial ini adalah tutorial dasar dari photoshop. Dengan hanya mengandalkan pen tool dan hue/saturation anda bisa mewarnai foto yang berwarna Black and White. Saya akan memberitahu caranya.

Berikut Langkah-langkahnya : 

Step 1
Buka Foto yang ingin di edit dengan menekan Ctrl+O (File>Open>Pilih Foto>Open). 

















Step 2
Lalu Duplicate Layer Background dengan mengklik kanan lalu pilih Duplicate Layer. Setelah menduplikat Layer Background akan tampak Layer Background Copy diatas Layer Background.

















Step 3
Fokus ke Layer Background Copy, Seleksi rambut dan alis mata dengan Pen Tool.

















Step 4
Setelah menyeleksi rambut dan alis, klik kanan lalu pilih Make Selection. Nanti akan tampil Setting dari Make Selection, dan ganti Feather Radius menjadi 3 tapi anda boleh mengganti radiusnya sesuai kemauan anda. Setelah itu klik OK.































Step 5
Sesudah selesai dengan seleksi kita akan mewarnainya dengan Hue/Saturation dengan menekan Ctrl+U atau (Image>Adjustment>Hue/Saturation). Nanti akan tampil pengaturan warna dari Hue/Saturation, saya mewarnai rambutnya dengan warna pirang. centang Colorize atur Hue : 24 dan Saturation : 6 Lightness : 0 . Tapi anda bisa merubahnya sesuai kemauan anda. Klik OK dan tekan Ctrl+D untuk menghilangkan garis seleksi tadi.



Hasilnya kira-kira seperti ini :

















Step 6
Sekarang seleksi kelopak mata dan mulut dengan Pen Tool ini dilakukan karena setelah step ini kita akan menyeleksi wajah, jika seluruh muka kita seleksi maka mata dan mulut akan mengikuti warna wajah. 

















Step 7
Setelah menyeleksi kelopak mata dan mulut dengan Pen Tool, seleksi wajahnya dengan Pen Tool. 

















Step 8
Seleksi wajah, leher, dan telinga dengan Pen Tool setelah menyeleksi klik kanan dan pilih Make Selection dan ganti Feather Radius menjadi 1 anda boleh merubah radiusnya sesuai kemauan anda.














Step 9
Sekarang kita warnai dengan Hue/Saturation dengan menekan Ctrl+U atau (Image>Adjustment>Hue/Saturation). Saya disini mewarnai muka dengan warna kuning samar, atur Hue : 24 dan Saturation : 22 Lightness : 0.












 Hasilnya kira-kira seperti ini :


















Step 10
Sekarang seleksi bola mata dengan Pen Tool setelah selesai, klik kanan lalu pilih Make Selection dan ganti Feather Radius menjadi 1 anda boleh merubah radiusnya sesuai kemauan anda.














Step 11
Sekarang warnai bola matanya dengan Hue/Saturation dengan menekan Ctrl+U atau (Image>Adjustment>Hue/Saturation). Saya disini mewarnai bola mata dengan warna biru, centang Colorize  atur Hue : 210 Saturation : 21 Lightness : 0. Klik OK dan tekan Ctrl+D untuk menghilangkan garis seleksi tadi. 













Step 12
Sekarang seleksi mulut atau bibir dengan Pen Tool, setelah menyeleksi klik kanan dan pilih Make Selection dan ganti Feather Radius menjadi 3 anda boleh merubah radiusnya sesuai kemauan anda.


















Step 13
Sekarang sudah di tahap akhir warnai mulut atau bibirnya dengan Hue/Saturation dengan menekan Ctrl+U atau (Image>Adjustment>Hue/Saturation). Saya disini mewarnai bibirnya dengan warna merah samar, centang Colorize  atur Hue : 0 Saturation : 17 Lightness : 0. Klik OK dan tekan Ctrl+D untuk menghilangkan garis seleksi tadi. 













Final


















Hasil Lain

 
















Jika anda ingin membuat wajah yang lebih natural, tambah layer baru dengan blending mode color ambil sampel warna kulit lalu gunakan brush tool dengan opacity 5. Jika anda ingin mendapatkan file PSD dan ingin menyimpan tutorial ini silahkan klik Link Download dibawah ini. Tunggu tutorial selanjutnya di Design Coworking. Terima Kasih... 

No comments:

Post a Comment

Komentar Anda Semangat Kami Untuk Kedepannya.