Tutorial Membuat Tulisan Link Di Website

LinkMembuat teks yang diberi link itu perkara mudah tapi saya tidak hanya membuat teks yang di beri link. Tapi saya juga memberi cara memodifikasi dan mengeditnya  seperti menghilangkan underline, mengubah warna link, membuat link membuka di halaman baru, dll. Setelah anda mempelajari cara membuat teks di web, sekarang anda mungkin tertarik untuk membuat salah satu teks tersebut di jadikan link untuk bisa menuju web tertentu atau halaman tertentu yang anda inginkan.

Berikut Langkah-langkahnya :

Membuat Tulisan Link – Element A
Element A  berfungsi untuk membuat salah satu teks untuk terhubung dengan halaman web yang di inginkan atau dibutuhkan. Element a memiliki tag pembuka : <a...> dan tag penutup : </a>. Element a memiliki attribute yaitu href, title, target saya membuat 3 attribute karena tutorial ini di tekankan untuk dasar. Attribute href berguna untuk memberikan alamat link yang dinginkan. Titile berguna untuk judul saat pointer ke halaman link maka judul akan muncul. Target berfungsi untuk menampilkan halaman web melalui link yang anda klik ke jendela yang baru. Contoh :

Contoh Kode :



Berikut Hasilnya :

Design Coworking
   
1<a....> dan </a> adalah tag pembuka dan penutup element a.
2. href=.... adalah perintah untuk memanggil link yang telah dibuat.
3. http://designcoworking.blogspot.com/ adalah link yang yang akan diperintah untuk dibuka. Anda bisa menggantinya dengan alamat web atau blog yang anda miliki
4. Design Coworking | Partner Of Design adalah teks yang ingin dibuat atau dikreasikan.

Membuat Link Membuka Halaman Baru/New Page – Element A
Membuat link agar membuka halaman baru atau new page tidak terlalu sulit, hanya dengan menambahkan attribute target di dalam element a. Contoh :

Contoh Kode :



Berikut Hasilnya :

Design Coworking

Cobalah anda klik link tersebut maka akan langsung menuju halaman baru atau new page. Sekarang lihatlah di tulisan target=_blank, target= berfungsi untuk menampilkan halaman web melalui link yang anda klik ke jendela yang baru. Lalu._blank berfungsi untuk membuat halaman web terbuka di halaman baru atau new page.

Menghilangkan Underline Pada Link – CSS Style
Underline atau garis bawah pada link sudah pasti terjadi, karena setiap membuat link pasti selalu ada underline. Sekarang coba anda hilangkan underline tersebut agar teks yang diberi link tidak terganggu dengan adanya underline. Saya disini menggunakan CSS untuk menghilangkan underline atau garis bawah pada link. Contoh :

Contoh Kode :



Berikut Hasilnya :

Design Coworking

Lihatlah pada perintah di CSS :

a:link {      text-decoration: none; }
a:visited {   text-decoration: none; }
a:hover {     text-decoration: none; }
a:active {    text-decoration: none; }

Semua isinya text-decoration: none; } kenapa dibuat text-decoration: none; } agar semua yang berpengaruh dalam link dihilangkan termasuk underline.

Mengganti Warna Link – CSS Style                   
Sesudah anda menghilangkan underline pada link tentu anda tidak ingin hanya warna ungu yang ada dalam link tersebut. Saya akan memberitahu cara agar warna link yeng telah anda buat bisa anda modifikasi sesuai kemauan anda. Disini saya juga memakai CSS untuk mengganti warna link sama seperti cara menghilangkan underline. Contoh :

Contoh Kode :


Berikut Hasilnya :

Design Coworking
  
Teks yang tadi berwarna default atau terbawa dari kode bisa kita ubah menjadi warna kuning.
Lihatlah kode perintah CSS :

} .style2
{color: #FF9900}
-->
</style>

Ini adalah kode CSS yang berguna untuk mengganti lalu tambahkan kode class="style2"> didepan kode target=_blank

Itulah ulasan tentang Tutorial Membuat Tulisan Link Di Website jika anda ingin mempelajari tentang teks dulu anda bisa silahkan klik Tutorial Pembuatan Teks Di Website. Semoga berhasil dalam pembuatan link yang anda buat. Selamat Mencoba. Tunggu tutorial selanjutnya di Design Coworking. Terima Kasih…

No comments:

Post a Comment

Komentar Anda Semangat Kami Untuk Kedepannya.